Senin, 25 Maret 2013

HP Berhasil Mengembangkan Layar 3D Untuk Smartphone Tanpa Kacamata



Layar 3D untuk ponsel masihmemiliki banyak keterbatasan mulai dari membutuhkan ka camata khusus hingga sudut pandang yang sempit. Metode alternatif yang sebelumnya digunakan adalah menciptakan image 3D hologram, namun berbiaya mahal dan lambat untuk dilihat secara real-time.
Tampaknya ini yang menjadi tantangan buat banyak peneliti. Salah satunya adalah yang dikerjakan oleh Hewlett Packard (HP). HP akhirnya berhasil mengembangkan layar 3D yang dapat diterapkan pada perangkat yang lebih kecil seperti ponsel misalnya.

Dikutip dari dailymail.co.uk, penemunya mengatakan bahwa teknologi ini dapat merubah data visualisasi ke tampilan high resolution sehingga ideal untuk aplikasi layar 3D multi tampilan. Image baik statis maupun bergerak dapat ditampilkan full color dari multi sudut pada jarak hingga 3 kaki ( hampir 1 meter) bahkan meskipun perangkat dalam keadaan miring. Teknologi terbaru ini menggunakan efek yang disebut 'diffractive optics' dimana halangan yang menyebabkan gelombang cahaya dapat dibalikkan dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

Penerapan trik optikal untuk menciptakan kedalaman 3D pada perangkat mobile menjadi sulit karena layarnya harus tipis, beresolusi tinggi dan berdaya tangkap luas. Namun backlight yang dikembangkan Dr David Fattal dan timnya di Laboratorium HP di Palo Alto California berhasil mengatasi masalah ini. Elemen kunci yang digunakan adalah seperangkat dioda pemancar cahaya dan struktur tipis yang dinamakan ‘penuntun gelombang’ (waveguide) yang mengatur gelombang elektromagnetik pada spektrum optik.





Dr Fattal yang merupakan pakar kuantum mengatakan bahwa tidak ada satupun solusi multiview 3D yang cocok untuk diterapkan pada perangkat mobile seperti jam, ponsel atau tablet dimana dibutuhkan resolusi tinggi dan jarak pandang yang kecil. Karenanya, Dr Fattal memperkenalkan teknologi backlight difraksi multi arah yang memungkinkan rendering resolusi tinggi (high-res), image 3D full paralaks dengan zona tampilan sangat lebar (hingga 180 derajat) dengan jarak pandang hingga 1 meter.

Sumber : http://www.tabloidpulsa.co.id/news/7173-hp-berhasil-mengembangkan-layar-3d-untuk-smartphone-tanpa-kacamata
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar