Selasa, 08 November 2011

Pluto Memiliki Banyak "Saudara Kembar" ?

PARIS - Pluto saat ini memang sudah tidak lagi dikategorikan sebagai sebuah planet, melainkan sebuah 'planet kerdil'. Namun para pengamat bintang mengatakan bahwa kemungkinan Pluto memiliki banyak 'saudara kembar' di luar sana.

Seperti yang dikutip dari AFP, Kamis (27/10/2011), para pengamat Bintang mengatakan bahwa kemungkinan di bagian luar Tata Surya memiliki banyak 'planet kerdil' yang serupa dengan Pluto.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature, planet kerdil terbesar yang ditemukan adalah Eris. Objek tersebut ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 2005. Penemuan itu pula yang kemudian meningkatkan konsentrasi penelitian ke Sabuk Kuiper, sebuah zona dipenuhi objek es yang berada di luar orbit planet Neptunus.

Penemuan dari Eris sendiri sangat mengejutkan para astronom. Awalnya objek tersebut diperkirakan sebesar Pluto, yang sebelumnya disebut sebagai planet terkecil di tata surya, menyusul penemuannya pada tahun 1930.

Keberadaan Eris juga berdampak pada perkiraaan; bahwa ada puluhan mungkin hingga ratusan 'planet kerdil lainnya yang menunggu untuk ditemukan di Sabuk Kuiper.(ATA)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2011/10/27/56/521143/pluto-memiliki-banyak-saudara-kembar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar