TQM atau
Total Quality Management (
Bahasa Indonesia:
manajemen kualitas total) adalah
strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran
kualitas pada semua
proses dalam
organisasi. Sesuai dengan definisi dari
ISO, TQM adalah "suatu pendekatan manajemen untuk suatu organisasi yang terpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan serta memberi keuntungan untuk semua anggota dalam organisasi serta masyarakat."
Filosofi dasar dari TQM adalah "sebagai efek dari kepuasan konsumen, sebuah organisasi
dapat mengalami kesuksesan."
Kendaraan yang digunakan dalam TQM:
- Manajemen Harian
- Manajemen Kebijakan
- Manajemen Cross-functional
- Gugus Kendali Mutu
TQM telah digunakan secara luas dalam
manufaktur,
pendidikan,
pemerintahan, dan
industri jasa, bahkan program-program luar angkasa dan ilmu pengetahuan
NASA
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_kualitas_total
Tidak ada komentar:
Posting Komentar