Liputan6.com,
Mumbai - Ketatnya
waktu kerja di India, membuat sebagian besar masyarakat kesulitan untuk
memperoleh barang dan jasa akibat terbatasnya jadwal akses keluar. Kondisi
tersebut membuat pemesanan barang dan jasa ke rumah-rumah sebagai hal yang
biasa.
Uniknya,
mengutip laman CNBC, Senin (16/6/2014), bank terbesar di India, ICICI
juga ikut menyediakan sistem delivery untuk sejumlah jasa perbankan dari
perusahannya. Dengan sistem tersebut, warga bahkan dapat membuka rekening dari
rumah, karena para petugas datang akan datang langsung ke tempat tinggal warga.
Tak sempat
ke bank atau ke ATM untuk menabung atau menarik uang bukan masalah di India.
Para petugas ICICI akan datang langsung ke rumah untuk mengantarkan uang tunai
maupun menyimpan tabungan Anda.
Lebih
daripada itu, jasa dan layanan kesehatan juga dapat diperoleh dengan menelepon
atau mengirim pesan singkat dari rumah. Metropolis Healthcare di Mumbai
menyediakan jasa pengumpulan sampel darah serta urin dan mengantarkan
laporannya ke rumah penduduk.
Tak hanya
itu, para teknisi juga dapat mengirimkan berbagai program kesehatan hingga
sekadar memeriksa tekanan pasien di rumah.
"Inisiatif
bisnis ini meningkatkan usaha kami hingga 30 persen per tahun. Didorong dengan
meningkatnya populasi masyarakat lanjut usia, tingginya biaya sewa, dan harga
bensin, sistem pemesanan rumah masih akan tetap dilakukan," ungkap CEO
Metropolis Ameera Shah.
Seiring
dengan meningkatnya daya saing bisnis melalui sistem tersebut, baik ICICI
maupaun Metropolis tercatat telah meningkatkan jumlah kurir dan penjual
jasanya.
Bukan hanya
di bisnis perbankan dan kesehatan, restoran di beberapa kota besar juga telah
menawarkan pemesanan melalui pesan singkat atau secara online. Tak ketinggalan,
bisnis perawatan kecantikan juga ikut memberikan tawaran layanan yang sama.
(Sis/Nrm)
Kesimpulan :
indonesia harus bisa mencontoh negara ini karna dengan adanya jasa home
delivery perbankan menjadi mudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar