Kamis, 19 Juni 2014

Pasok SDM Perbankan, Bank Mandiri Bangun Universitas



Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk mencetak sarjana perbankan yang berkualitas dan siap dipakai di industri perbankan, PT Bank Mandiri mendirikan Mandiri University.

Pendirian universitas yang bergerak di bidang keuangan ini dilakukan karena kurangnya sumber daya manusia berkualitas di bidang perbankan, terutama perbankan syariah.

Mantan Direktur Bank Mandiri Syariah, Yuslam Fauzi, menjelaskan konsep pendidikan yang diajarkan di Mandiri University adalah memadukan teori keuangan dengan praktik di lapangan.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia ada di peringkat nomor 16 di dunia pada tahun 2012 dengan perekonomian paling stabil. Ironisnya kesiapan SDM perbankan di Indonesia berada di rangking 44," ujar Yuslam saat menjadi pembicara di seminar Tantangan dan Peluang Bagi Industri Keuangan dan Perbankan Islam Indonesia Menghadapi MEA di Universitas Yarsi, Jakarta, Rabu, (18/6/2014).

Ia menilai, rendahnya lulusan perbankan yang terserap pasar terjadi akibat kurangnya sinkronisasi teori dengan aplikasi di lapangan.

"Dibutuhkan sekitar satu juta pekerja bank berkualitas setiap tahunnya. Ini yang coba kami bangun dan terapkan di Mandiri Institute. Kita akan siapkan SDM yang kuat dan berkualitas dengan cara memadukan kurikulum pelajaran dengan praktik di lapangan," terang Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) itu.

Mandiri University dibangun di tanah seluas 20 hektare di daerah Pesing, Jakarta. Selain di Jakarta, Mandiri University dibangun di kota besar lainnya, seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Balikpapan.

Saat ini pembangunan kampus di Jakarta sudah selesai dan sedang dalam proses penggodokan dan pengembangkan kurukulum internal. Diperkirakan universitas ini akan menerima mahasiswa baru satu hingga dua tahun mendatang.


Kesimpulan : pembangunan mandiri university menjelaskan konsep pendidikan yang diajarkan di Mandiri University adalah memadukan teori keuangan dengan praktik di lapangan dan saat ini Ia menilai, rendahnya lulusan perbankan yang terserap pasar terjadi akibat kurangnya sinkronisasi teori dengan aplikasi di lapangan makanya Untuk mencetak sarjana perbankan yang berkualitas dan siap dipakai di industri perbankan, PT Bank Mandiri mendirikan Mandiri University
 
sumber :
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar